• banner
  • banner
  • banner

:: Selamat Datang di Website SMK NEGERI 1 SINGARAJA :: Love All , Serve All ::

Pencarian

Kontak Kami


SMK NEGERI 1 SINGARAJA

NPSN : 50100288

Jl.Pramuka No.6 Singaraja, Kabupaten Buleleng - Bali


smkn1_sgr@yahoo.com

TLP : (0362) 22187


          

Banner

Photo Terbaru

Memperingati Hari Kesaktian Pancasila




             Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap tanggal 01 Oktober. Dalam maka seluruh warga SMK N 1 SINGARAJA melaksanakan upacara bendera pada hari Senin 01 Oktober 2018. Sebagai pembina upacara pada hari itu adalah Bapak Kepala Sekolah, Drs. Nengah Suteja, M.Pd. Saat itu beliau sempat menyampaikan “Ikrar dari ketua DPR yang isinya tentang janji kesetiaan pada Pancasila. Intinya bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, bangsa Indonesia dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.


     Bapak kepala SMKN 1 Singaraja  mengatakan bahwa nilai-nilai Pancasila harus dijadikan sebagai acuan tata tertib di sekolah ini berarti seluruh warga sekolah harus mengikuti peraturan sekolah, seperti nilai ketuhanan . Setiap pagi, sebelum memulai pelajaran pertama, seluruh warga SMKN 1 Singaraja  melakukan penerapan nilai ketuhanan dalam bentuk bersembahyang bersama dengan melakukan  Puja Trisandya (sebagai umat Hindu dan umat yang lain bersembahyang menurut kepercayaannya masing-masing). “Seluruh warga sekolah berperan dalam penerapan nilai-nilai Pancasila yang dimotori oleh guru-guru dan pegawai karena guru dan pegawai harus menjadi contoh. Seperti bagaimana caranya gotong royong , bagaimana cara menjaga persatuan , kemudian bagaimana menerapkan keadilan sosial. Setiap kegiatan yang ada di sekolah pada dasarnya harus berpedoman pada Pancasila dan tidak boleh yang lain,” tandas Beliau.  


      Penerapan nilai-nilai luhur Pancasila tidak hanya di tataran pendidikan saja, melainkan  juga di organisasi kemasyarakatan karena warga sekolah selepas dari sekolah tentu ada yang beraktivitas di masyarakat.


    Beliau menegaskan, “agar penerapan Pancasila menjadi lebih baik diawali dari diri sendiri, baik  kepala sekolah, guru-guru maupun pegawai harus memberi contoh kepada seluruh siswa, antara lain: bagaimana bertutur kata yang sopan dan santun , tidak menyakiti orang lain, bagaimana menghargai orang lain. Dengan demikian, semua warga SMK N 1 Singaraja mempunyai kemampuan untuk menerapkan nilai-nilai luhur Pancasila. Nilai-nilai luhur Pancasila menjadi views of life agar semua warga sekolah dapat berbudi yang luhur, “tutupnya.                                                                         




Share This Post To :

Kembali ke Atas

Artikel Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :


 

Komentar :


   Kembali ke Atas